Tugas dari dosen nih
buat fungsi :
1.menghitung keliling lingkaran
2.menghitung luas persegi
3.menghitung keliling persegi
4.menghitung luas segitiga
5.menghitung keliling segitiga
6.menampilkan kalimat :"selesai, tekan tombol apa aza untuk keluar"
jawaban :
#include <conio.h>
#include <iostream.h>
void salahInput(){
clrscr();
cout<<"pilihan yang diinputkan salah,silahkan ulangi !\n";
}
float luasLingkaran(int j){
float luas;
luas= 3.14 * j * j;
return luas;
}
float kelilingLingkaran(int k){
float keliling;
keliling= 3.14 * 2 * k;
return keliling;
}
float luasPersegiPanjang(int p,int q){
float luas;
luas= p * q;
return luas;
}
float kelilingPersegiPanjang(int e,int f){
float keliling;
keliling= (e + f) * 2;
return keliling;
}
float luasSegitiga(int s,int t){
float luas;
luas= s * t / 2;
return luas;
}
float kelilingSegitiga(int a,int b,int c){
float keliling;
keliling= a + b + c;
return keliling;
}
void selesai(){
clrscr();
cout<<"Selesai, tekan tombol apa aja untuk keluar";
}
main(){
//deklarasi variabel disini
int pilHitung,pilBangun;
float jari;
float panjang;
float lebar;
float alas;
float tinggi;
float sisi_1;
float sisi_2;
char jwb;
menu1:
//tampilan menu 1
cout<<"--Menu Pilihan Hitung--";
cout<<"\n 1.Hitung Luas";
cout<<"\n 2.Hitung Keliling";
cout<<"\n 0.keluar";
cout<<"\n\nMasukkan pilihan?";cin>>pilHitung;
if(pilHitung<0 || pilHitung>2){
salahInput();
goto menu1;
}
if (pilHitung!=0){
clrscr();
menu2:
//tampilan menu 2
cout<<"--Menu Pilihan bangun datar--";
cout<<"\n 1.lingkaran";
cout<<"\n 2.persegi panjang";
cout<<"\n 3.segitiga";
cout<<"\n 9.Kembali ";
cout<<"\n 0.keluar";
cout<<"\n\nMasukkan pilihan?";cin>>pilBangun;
if (!(pilBangun==1 ||pilBangun==2 ||pilBangun==3||pilBangun==9||pilBangun==0)){
salahInput();
goto menu2;
}
if (pilBangun!=0){
if(pilBangun==1){
cout<<"\nJari-jari = ";cin>>jari;
if (pilHitung==1)
//panggil tampil luas lingkaran
cout<<"Luas Lingkaran= "<<luasLingkaran(jari);
else
//panggil tampil keliling lingkaran
cout<<"keliling Lingkaran= "<<kelilingLingkaran(jari);
}
else if (pilBangun==2){
cout<<"\nPanjang = ";cin>>panjang;
cout<<"\nLebar = ";cin>>lebar;
if (pilHitung==1)
//panggil tampil luas
cout<<"Luas persegi = "<<luasPersegiPanjang(panjang,lebar);
else
//panggil tampil keliling
cout<<"keliling persegi= "<<kelilingPersegiPanjang(panjang,lebar);
}
else if(pilBangun==3){
cout<<"\nAlas = ";cin>>alas;
cout<<"\nTinggi = ";cin>>tinggi;
cout<<"\nSisi_1 = ";cin>>sisi_1;
cout<<"\nSisi_2 = ";cin>>sisi_2;
if (pilHitung==1)
//panggil tampil luas
cout<<"Luas segitiga = "<<luasSegitiga(alas,tinggi);
else
//panggil tampil keliling
cout<<"keliling segitiga= "<<kelilingSegitiga(sisi_1,sisi_2,alas);
}
else if (pilBangun==9){
goto menu1;
}
cout<<"\n\nApakah anda ingin menghitung lagi?(y/t)"; cin>>jwb;
if(jwb=='y' || jwb=='Y'){
clrscr();
goto menu1;
}
else {
cout<<"\n";
//panggil fungsi no6
selesai();
}
}
}
else {
cout<<"\n";
//panggil fungsi no6
selesai();
}
getch();
}
CLICKSOR
Kata Penyemangat Hidup Agar Selalu Mau Belajar
kemapuan belum tentu menjadikan seorang mahir/ahli, karena mahir/ahli adalah pilihan, karena pilihan itu, yang tidak mampu menjadi mahir, tiada yang tidak mungkin, ayo semangat untuk selalu belajar. Sukses Sukses Sukses
Selasa, 02 Agustus 2011
Kasus C++
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar